Melinjo Tumbuhan Kaya Manfaat dan Sumber Ekonomi Produktif

Melinjo merupakan salah satu pohon termahsyur di Indonesia. Salah satu alasannya, adalah tumbuhan yang satu ini menjadi sumber ekonomi produktif bagi warga, untuk mengolahnya menjadi makanan. 

Di hutan-hutan Aceh pohon melinjo ditanami dan tumbuh menjamur sebagai hasil utama untuk tanaman tua dan jangka panjang.

Melinjo sangat diminati sebagai bahan baku kerupuk, dan menjadi buah asem sayur. Sehingga, baik daun maupun bijinya dapat digunakan semua. Bahkan tak jarang pohon melinjo bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar.

Selama ini melinjo diidam-idamkan sebagai tanaman yang sangat menguntungkan, karena melinjo dan hasil produktivitasnya sudah masuk dalam pasar global. 

Dengan demikian tak jarang berbagai produk dari bahan baku melinjo menjadi makanan favorit di kalangan masyarakat Aceh, seperti kerupuk muling, kerupuk daun melinjo, dan lain sebagainya yang diolah secara sempurna dengan buah melinjo.

Belakangan ini, diketahui bahwa bunga melinjo juga mantap bila dijadikan suatu masakan remeh temeh, tak jarang kaum ibu-ibu pasti tau apa yang mesti dimasak dengan segala yang dihasilkan dari pohon melinjo.

Bagi yang akrab dengan pohon melinjo lebih mengetahui bahwa pohon yang satu ini memberikan sensasi yang khas untuk dijadikan sebagai pohon serbaguna. Dan kaya akan manfaat serta mudah tumbuh subur di daerah tropis.

Mari! mengenal lebih dekat dengan pohon melinjo berikut foto-fotonya serta manfaatnya:

1. POHON MELINJO

Pohon melinjo berwarna cokelat loreng. Dan berdaun hijau. Ada jenis betina dan jantan. Pohon betina dapat berbuah dan bisa dimanfaatkan untuk segala hasilnya. Sedangkan untuk jenis betina hanya dapat digunakan daun dan pokoknya saja.

Pohon melinjo dilihat dari bawah


Pohon melinjo dilihat dari depan

2. DAUN PUCUK
Daun pucuk pada batang melinjo dapat dimanfaatkan untuk sayur. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk kerupuk, dengan cara dibikin adonan tepung secara khusus[cariresep]. Kemudian digoreng.
Daun pucuk melinjo warna bening
3.BUNGA MELINJO
Bunga melinjo ini sudah pasti enak jika ditumis, dan tak jarang bunga melinjo selalu dijadikan bahan sayur. Selain lemak rasanya juga bikin ngiler
Bunga melinjo
4.PUTIK MELINJO
Memang begitulah bunga akan ranum menjadi buah. Namun, buah melinjo ini juga dapat dimanfaatkan untuk sayur sebelum masak. 
Putik buah
5. BUAH MELINJO MASAK
Buah melinjo masak sudah tentu berwarna merah. Jika sudah merah, buah melinjo tidak bisa dijadikan lagi sayur, kecuali diambil isinya saja. Dan mesti dikelupas agar dapat diambil isi dalamnya. Rasanya lemak, dan biasanya pengguna menjadikannya sebagai bahan baku kerupuk, karena getahnya yang lezit dapat digonseng sebelum dibuat jadi kerupuk.
Buah melinjo masak
6. ISI BUAH MELINJO
Selain teksturnya yang lonjong buah melinjo ada yang bulat, namun isi dalam beda. Ia memiliki biji khas, bening dan mengandung zat perekat. Hingga bisa dijadikan kerupuk, setelah melalui proses pengolahan.
Biji buah melinjo

Nah, sahabat citizen itu jenis dan ragam melinjo serta manfaatnya. Melinjo telah terbukti kaya akan manfaat, hingga hasil alam yang satu ini banyak ditanami di berbagai lahan kosong. 

Selain itu penanaman melinjo tidak begitu sulit, tidak perlu perawatan khusus, karena bisa tumbuh dimana saja. Pohon yang satu ini akan tumbuh dengan sendirinya selagi tanah subur dan alami.

Kandungan dalam melinjo bukan saja kaya manfaat, tetapi tumbuhan melinjo bisa dijadikan investasi jangka panjang. Ia akan berbuah selama tiga bulan sekali, dan tidak menentu terkadang akan selalu berbuah setelah musim bunga berganti.

Untuk menambah penghasilan sampingan melinjo cocok dijadikan sumber ekonomi produktif.

0 Response to "Melinjo Tumbuhan Kaya Manfaat dan Sumber Ekonomi Produktif "

Posting Komentar